Kamis, 21 April 2011

Proposal PKMK Lolos tahun 2009

A. JUDUL PROGRAM
MEMBUKA USAHA STUDIO FOTO DI LINGKUNGAN YAYASAN DARUT TAQWA KEMBANGKUNING SENGONAGUNG PURWOSARI PASURUAN

B. LATAR BELAKANG MASALAH
Pada era globalisasi ini perkembangan Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Seni (IPTEKS) dalam bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi menunjukkan perkembangan yang sangat pesat. Perkembangan Teknologi tersebut telah mengubah peradaban dunia dari masyarakat industri ke masyarakat informasi. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan yang bergerak di berbagai bidang termasuk di dalamnya bidang fotografi.
Banyak para pelaku bisnis yang memanfaatkan kemajuan teknologi menjadi sebuah usaha. Salah satu produk yang membanjiri pasar adalah kamera. Dengan maraknya peralatan teknologi yang semakin terjangkau memanjakan konsumen untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan mereka.
Fotografi misalnya, saat ini banyak digemari oleh berbagai kalangan muda-mudi bahkan orang tua. Banyak kegiatan fotografi yang terlihat mulai dari aktivitas potret memotret, komunitas hingga sebuah institusi.
Di beberapa daerah banyak kita temukan komunitas pecinta fotografi bahkan hingga ada yang melembaga. Bukan hanya itu, fotografi juga menjadi bagian dari kurikulum pendidikan di beberapa sekolah. Selain potensi sebagai peningkatan skill, fotografi juga merupakan profesi yang dapat menghasilkan profit dan menjadi peluang usaha yang cukup menjanjikan, terutama jika dikembangkan di tempat yang strategis.
Dusun Kembang Kuning, Desa Sengonagung, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan, secara geografis merupakan daerah yang memiliki potensi bisnis tinggi terutama usaha yang berhubungan dengan kebutuhan pelajar. Di daerah tersebut berdiri sebuah yayasan dengan nama Darut Taqwa yang menaungi beberapa lembaga formal maupun non formal, dari jenjang pendidikan yang paling dasar hingga jenjang yang tinggi, yaitu sebagaimana dalam tabel berikut :
Tabel 1
Nama dan Jumlah Siswa / Santri Lembaga di Bawah Naungan Yayasan Darut Taqwa Tahun 2009
No Nama Lembaga Kuantitas
Santri / Pelajar
I Lembaga non formal
1 Pondok Pesantren Ngalah (putra-putri) 1414
2 Madrasah Diniyah Darut Taqwa 1434
3 TPQ (Taman Pendidikan al-Qur’an) 1105
4 Jama’ah Thoriqoh 300
II Lembaga formal
1 Rodlotul Athfal (RA) Darut Taqwa 40
2 Madrasah Ibtidaiyah (MI) Darut Taqwa 149
3 Madrasah Tsanawiyah (MTs) Darut Taqwa 911
4 Sekolah Menengah Atas (SMA) Darut Taqwa 502
5 Madrasah Aliyah (MA) Darut Taqwa 493
6 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Darut Taqwa 507
7 Universitas Yudharta Pasuruan 1122
Total 7980
Sumber Data : Yayasan Darut Taqwa Sengonagung

Dari data di atas, secara kuantitas potensi pasar yang ada di dusun Kembang Kuning desa Sengonagung kecamatan Purwosari kabupaten Pasuruan cukup menjanjikan untuk mengembangkan usaha. Hal ini belum termasuk potensi pasar yang ada di kecamatan Purwosari dengan tingkat ekonomi yang mapan karena cukup beragamnya lembaga pendidikan, dan perekonomian, baik di tingkat ritel sampai dengan perusahaan dengan skala internasional.
Lembaga pendidikan di Yayasan Darut Taqwa ini tidak pernah sepi dari berbagai macam kegiatan. Terdapat program rutin tahunan, seperti wisuda dan dies natalis. Kegiatan ekstra sekolah, khususnya pembuatan media cetak dalam bentuk majalah dan buletin antar lembaga juga cukup produktif. Pembuatan Web-blog dan face-book yang lagi booming saat ini merupakan hal yang lumrah bagi mahasiswa Universitas Yudharta dan dapat digunakan sebagai media komunikasi dan promosi. Serangkaian kegiatan tersebut tentunya terdapat banyak aktivitas potret memotret dan pendokumentasian sebagai data pendukung, dan yang pasti pekerjaan tersebut bukan hanya sekedar mengambil gambar yang dapat dilakukan oleh siapapun melainkan dibutuhkan skill dan basic fotografi. Sehingga dari alasan diatas, ada peluang bagi aktivitas fotografi.
Selama ini masyarakat untuk keperluan foto maupun cuci cetak harus ke Sukorejo atau Purwosari yang berjarak lebih dari 3 km dari desa Sengonagung dan setiap kali ada resepsi pernikahan mesti mendatangkan jasa fotografer dari luar kota. Selain kurang efektif waktu, biaya dan tenaga juga menyulitkan bagi beberapa warga. Hal ini membuat masyarakat kesulitan untuk memenuhi kebutuhan foto maupun cetak foto. Karena memang di daerah dusun Kembangkuning masih belum terdapat studio foto. Sehingga alangkah efektifnya, jika daerah tersebut terdapat studio foto yang memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar.
Dengan bekal pengetahuan di bangku kuliah dan skill serta pengalaman fotografi pengusul sudah sering menangani pendokumentasian di berbagai acara dari lingkup kecil hingga nasional. Namun sayangnya karena tidak berada dalam sebuah wadah dan manajemen yang sesuai (studio), pekerjaan itu belum memberi pemasukan (profit) yang besar, padahal jika dilihat dari segi potensi sumber daya manusianya, di Universitas Yudharta Pasuruan banyak mahasiswa yang memiliki kemampuan dan keinginan untuk mengembangkan bakat menjadi wirausaha yang sesuai dengan basic keilmuan.
Melihat kondisi diatas, pengusul berinisiatif untuk membuka usaha studio foto sebagai peluang bisnis yang cukup potensial. Selain ditopang dengan segmen pasar yang jelas, usaha ini juga akan mampu berkembang dan dikelola secara profesional, sebab pengelola adalah mahasiswa Program Studi Komunikasi Universitas Yudharta Pasuruan dengan spesifikasi keilmuan fotografi yang secara teori diajarkan dan dibimbing oleh tenaga pengajar yang qualified di bidangya sehingga usaha studio foto ini bisa dipastikan akan menjadi usaha yang berkelanjutan dan berkembang.

C. RUMUSAN MASALAH
Karena berlokasi di daerah pendidikan, bagaimana usaha studio foto ini menjadi unit usaha yang mampu menangkap pangsa pasar yang tersedia dengan maksimal dan membantu memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar.

D. TUJUAN PROGRAM
a. Meningkatkan dan mengembangkan potensi mahasiswa dalam bidang fotografi.
b. Meningkatkan sumber daya manusia dalam berwirausaha terutama di bidang fotografi.
c. Memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar dalam hal fotografi.
d. Berdirinya unit usaha baru yang melayani kebutuhan masyarakat sekitar.

E. LUARAN YANG DIHARAPKAN
Dari latar belakang di atas, membuka usaha studio foto di lingkungan Yayasan Darut Taqwa Purwosari Pasuruan diharapkan bisa menjadi unit usaha baru yang produktif yang menangani setiap kebutuhan dalam bidang fotografi, multimedia maupun hal-hal lain yang bersifat pendokumentasian dengan hasil yang sempurna, bernilai seni dan menarik.
Pada perkembangan selanjutnya, usaha studio foto ini diharapkan mampu melayani masyarakat se-Kecamatan Purwosari dan sekitarnya.

F. KEGUNAAN PROGRAM
1. Melalui program ini secara finansial akan memberi profit bagi mahasiswa untuk menopang biaya pendidikan hingga ke jenjang yang lebih tinggi.
2. Selain itu, program ini juga bisa menggali dan meningkatkan potensi fotografi yang ada di Jurusan Komunikasi Universitas Yudharta Pasuruan.
3. Membantu dan meringankan beban masyarakat sekitar dalam pemenuhan kebutuhan dokumentasi, cetak foto, dan lain sebagainya.
4. Memberi inspirasi pada mahasiswa Universitas Yudharta Pasuruan dalam berwirausaha.

G. GAMBARAN RENCANA USAHA
a. Peluang Usaha
Sebagai peluang bisnis, fotografi mempunyai prospek yang cukup bagus dan menjanjikan dalam meraup keuntungan, selain karena mengikuti perkembangan zaman, fotografi juga merupakan bagian dari skill dan karya yang terkait dengan pendidikan.
Keberadaan lembaga pendidikan di Yayasan Darut Taqwa merupakan peluang besar dan cukup baik. Ada serangkaian kegiatan yang terselenggara setiap tahun, diantaranya: wisuda MI, wisuda MTs, wisuda MA-SMK, wisuda SMA, wisuda TPQ, Haflah Pesantren, dies natalis Universitas Yudharta, Peringatan Hari Besar Islam (PHBI), dan Peringatan Hari Besar Nasional (PHBN). Satu acara wisuda, sedikitnya ada sekitar 300-500 siswa yang diwisuda dan umumnya mereka menggunakan jasa fotografer.
Dalam memperingati hari besar Islam maupun hari besar nasional sering diadakan serangkaian acara besar baik lingkup kabupaten, propinsi hingga nasional, sehingga pendokumentasian berisfat penting, jasa seorang fotografer pun tetap dibutuhkan.
Pada ajaran baru sekitar 1.200 siswa baru masuk di lembaga formal dan sekitar 400 santri baru mendaftarkan ke pesantren. Untuk keperluan inventarisasi biasanya seluruh siswa, mahasiswa, santri baru diwajibkan menyerahkan foto yang biasanya dikoordinatori oleh panitia penerimaan siswa baru Yayasan Darut Taqwa.
Disamping itu, organisasi yang ada di MTs, MA, SMK, Universitas dan Pesantren juga aktif dalam penyelenggaraan kegiatan program kerja. Dengan kata lain di Darut Taqwa merupakan wilayah yang tak pernah absen dari acara atau kegiatan.
Belum berdirinya studio foto di Dusun Kembangkuning Desa Sengonagung Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan serta jarak dengan studio foto lain yang cukup jauh (lebih dari 3 km) juga mempunyai tingkat daya saing usaha yang tidak begitu ketat, sehingga pangsa pasar yang tersedia mampu terserap lebih maksimal.

b. Sumber Daya Manusia
Pengusul adalah mahasiswa jurusan komunikasi Universitas Yudharta Pasuruan dan termasuk pengurus Himpunan Mahasiswa Komunikasi (Himakom) devisi fotografi yang memiliki keahlian dalam bidang tersebut serta sebagai staf pegawai koperasi pesantren Darut Taqwa bagian Penananggung jawab shift kerja. Pengusul juga menjadi fotografer dalam berbagai acara, baik di dunia pendidikan di wilayah Pasuruan maupun acara-acara lain, seperti pesta pernikahan, ulang tahun dan sebagainya.
Secara emosional pengusul dekat dengan mayoritas pengelola lembaga pendidikan yang ada di Yayasan Darut Taqwa. Sehingga dapat dipastikan proses negoisasi dan realisasi program ini akan berjalan lancar.

c. Relevansi Program
Secara umum, keberadaan studio foto di lingkungan Yayasan Darut Taqwa Sengonagung Purwosari Pasuruan sangat dibutuhkan baik oleh lembaga pendidikan maupun masyarakat sekitar. Sebagaimana dijelaskan di atas mengenai potensi dan peluang yang ada di desa Sengonagung yang merupakan daerah pendidikan.
Aktifnya serangkaian kegiatan serta masih belum terdapatnya studio foto, menjadikan program ini sangat efektif untuk direalisasikan dengan pertimbangan kebutuhan, potensial, pengembangan skill dan bakat mahasiswa serta sebagai bentuk kepekaan terhadap kondisi sekitar, atau dengan kata lain merupakan pemenuhan kebutuhan sekaligus pengembangan kreatifitas mahasiswa Universitas Yudharta Pasuruan.
Dalam perkembangan selanjutnya, studio foto ini akan mampu menjadi usaha baru mahasiswa Universitas Yudharta yang menghasilkan profit besar sebagai sumber income.

d. Kendala
a) Terdapat fotografer dari Studio Makmur Pandaan dan Kusuma Sidoarjo yang sudah terkenal dan sering menjadi fotografer di beberapa kegiatan di lingkungan Yayasan Darut Taqwa serta masyarakat sekitar.
b) Sebagai unit usaha yang masih baru tentunya akan mengalami kesulitan dalam menarik pelanggan karena pada umumnya masyarakat atau pelanggan enggan serta ragu untuk pindah ke yang lain yang belum dikenal.
c) Kebutuhan peralatan studio foto relatif mahal, sehingga dengan biaya yang sudah dianggarkan dari Dikti sulit untuk melengkapi kebutuhan studio yang ideal.

e. Gambaran Umum Usaha
a) Nama :
Flash Photo Studio

b) Lokasi :
Lokasi yang diambil adalah Dusun Kembangkuning Desa Sengonagung Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan.

c) Jenis Produk / Jasa :
(1) Foto wisuda, (2) Pas foto, (3) Foto resepsi pernikahan, (4) Foto pre wedding, (5) Foto pengantin outdoor, (6) Foto dokumentasi, (7) Foto Model, (8) Foto keluarga, (9) Foto Kiddy (untuk baby dan anak-anak), (10) dan menerima cetak foto dari HP, kamera, Flashdisk dan lain-lain, (11) jasa cuci cetak, (12) serta pelatihan fotografi.

d) Deskripsi :
Untuk memperoleh kepuasan dan menarik pelanggan, kualitas dan pelayanan yang terbaik bersifat wajib. Oleh sebab itu, pengusul akan mengutamakan kualitas dan pelayanan pada pelanggan (costumer) sebagai langkah promosi.
Kiat unik Flash Photo Studio meraih pasar, laba serta manfaat publik:
- Idealisme dan tujuan yang jelas, yaitu mengarah pada perolehan profit yang tidak lepas dari manfaat untuk publik.
- Meraih laba dengan modal usaha yang relatif rendah dengan mencapai break event point dalam waktu singkat.
- Memadukan secara metodik dan selaras antara bisnis dengan kemauan dan kepuasan konsumen.
- Bekerja sama dengan sekolah dan lembaga pendidikan di bawah naungan Yayasan Darut Taqwa untuk menjadi klien dalam dokumentasi dan promosi serta lembaga pendidikan di wilayah Kecamatan Purwosari.
- Menghasilkan foto-foto yang berseni dan berkualitas tinggi.
- Memberikan bonus kepada klien untuk proyek foto wisuda dengan memberikan diskon harga.
- Memberikan potongan harga 10% kepada klien kami apabila menjadi member.
- Member diberikan gratis 1 x foto sekaligus cetak apabila telah melakukan pemotretan 20 x dalam kurun waktu tidak ditentukan.
- Memberikan pelayanan yang ramah, cepat, berkualitas dan profesional.
Dengan segala akses dan kemudahan yang dimiliki Flash Photo Studio dalam kinerja yang profesional, kualitas produk, mutu dan harga yang terjangkau, menjadikan nama Flash Photo Studio akan dikenal sebagai studio foto terkemuka dan terdepan di Dusun Kembangkuning khususnya, dan di Kecamatan Purwosari umumnya.

f. Segmentasi Pasar :
 Jenis kelamin : Pria dan wanita
 Umur : Semua umur
 Kelas : Menengah-bawah
 Domisili : Kembangkuning dan sekitarnya

g. Proyeksi :
Lembaga di bawah naungan Yayasan Darut Taqwa yang terdiri dari: TK/RA, MI, MTs, MA, SMA, SMK, Pesantren, Madrasah Diniyah dan Universitas untuk foto wisuda, pas foto, foto event, serta pelatihan fotografi, Club.
Dan masyarakat sekitar untuk foto resepsi pernikahan, pas foto, foto dokumentasi, retouching, foto model, cuci cetak, potrait dan lain-lain.
Adapun jumlah pelajar di Yayasan Darut Taqwa dan jumlah penduduk Kecamatan Purwosari dapat dilihat pada tabel berikut:






















Tabel 2
Jumlah Santri / Pelajar di Yayasan Darut Taqwa

No Nama Lembaga Kuantitas
Santri / Pelajar
I Lembaga nonformal
1 Pondok Pesantren Ngalah (putra-putri) 1,414
2 Madrasah Diniyah Darut Taqwa 1,434
3 TPQ (Taman Pendidikan al-Qur’an) 1,105
4 Jama’ah Thoriqoh 300
II Lembaga formal
1 Rodlotul Athfal (RA) Darut Taqwa 40
2 Madrasah Ibtidaiyah (MI) Darut Taqwa 149
3 Madrasah Tsanawiyah (MTs) Darut Taqwa 911
4 Sekolah Menengah Atas (SMA) Darut Taqwa 502
5 Madrasah Aliyah (MA) Darut Taqwa 493
6 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Darut Taqwa 507
7 Universitas Yudharta Pasuruan 1,122
Total 7,980
Sumber: Yayasan Darut Taqwa Sengonagung 2009

Tabel 3
Jumlah Penduduk Kecamatan Purwosari Pasuruan
Desa Laki-laki Perempuan Jumlah
Sekar mojo 2,548 2,846 5,394
Tejowangi 2,097 2,185 4,282
Kertosari 1,533 1,669 3,202
Martopuro 4,102 4,284 8,386
Purwosari 3,010 3,227 6,237
Sumber rejo 2,450 2,543 4,993
Pager 1,544 1,646 3,190
Cendono 1,610 1,584 3,194
Karang rejo 2,040 2,106 4,146
Sumber suko 1,988 2,049 4,037
Sengon agung 2,466 2,547 5,013
Bakalan 1,739 1,732 3,471
Sukodermo 760 790 1,550
Pucangsari 1,522 1,588 3,110
Kayoman 752 828 1,580
Total 30,161 31,624 61,785
Sumber : BPS, Podes 2003

h. Perolehan Laba dan Break Event Point
Dari tabel data di atas, diketahui bahwa jumlah total santri / pelajar di bawah naungan Yayasan Darut Taqwa Sengonagung Purwosari Pasuruan adalah 7980. Dan jumlah penduduk Purwosari adalah 61,785 jiwa. Jumlah total keseluruhan adalah 69,765 jiwa.
Analisa usaha:
• Potensi Pembeli : Target market yang menggunakan jasa Flash Photo Studio diperkirakan rata-rata 1-3 kali dalam sehari.
• Identifikasi Kapasitas :






Investasi
Kebutuhan Spesifikasi Harga
Sewa tempat Rp 1.000.000
Komputer P4 1 unit Rp 1.500.000
Printer warna Epson T 11 Rp 700.000
Scanner Microtex Rp 600.000
Card reader All in One Rp 45.000
Kamera DSLR
(Canon Digital SLR Camera, 10.1 Megapixels, Lithium-Ion Battery, 2.5" TFT LCD, SD/SDHC Slot, USB 2.0, With 18-55mm Lens) Rp 5.000.000
Lighting Rp 400.000
Background (1,5 m x 3m) Rp 200.000
Kertas foto 1 rem Glossy photo paper pixel 235 Gsm Rp 70.000
Promosi & Akomodasi Rp 175.000
CD blank GT Pro 52 Max Rp 75.000
Pelaporan & Penggandaan:
a. Print 60 lembar@ Rp 500
b. Jilid 3 @ Rp 10.000
c. Lain-lain
Rp 30.000
Rp 30.000
Rp 40.000
Transportasi & Akomodasi Rp 135.000
TOTAL Rp 10.000.000

PEMASUKAN TIAP BULAN
Modal cetak A4 : Rp 6.000
Modal cetak 4R : Rp 1.000

1 Hari = 3 pelanggan pas foto
1 Hari = 2 pelanggan cetak 4R
1 Hari = 3 pelanggan portrait (2 kali foto)
1 Hari = 2 pelanggan cetak A4
1 Hari = 4 pelanggan lain-lain
1 Hari = 2 pelanggan scan
1 Bulan = 25 hari kerja

Studio
Jasa Harga Pokok
(Rp) Harga Jual
(Rp) LABA
Perlembar
(Rp) X 25
Jumlah Cetak Laba
Perbulan
(Rp)
Pas foto 0 5.000 5.000 3 75 375.000
Cetak 4R 1.000 2.000 1.000 2 50 50.000
Portrait 6.000 15.000 9.000 3 75 675.000
Cetak A4 (10R) 3.000 8.000 5.000 2 50 250.000
Lain-lain (Desain foto, Copy file, dan sebagainya) 5.000 10.000 5.000 4 100 500.000
Scan 0 5.000 5.000 2 50 250.000
Total pemasukan Studio 2.100.000

Jasa fotografer
Jasa Harga pokok Harga jual Laba Order
1 tahun Jumlah
foto resepsi pernikahan 100.000 200.000 100.000 3 x 300.000
foto dokumentasi wisuda 100.000 180.000 80.000 6 x 480.000
foto dokumentasi administrasi 100.000 150.000 50.000 2 x 100.000
Foto kegiatan resmi, seminar, diesnatalis, haflah, dan sebagainya 100.000 200.000 100.000 4 x 400.000
Jumlah 1.280.000

Pengeluaran Tiap Bulan
Penyusutan barang = Rp 200.000
Listrik = Rp 100.000
Gaji pegawai 3 orang @Rp 200.000 = Rp 600.000
Lain-lain = Rp 100.000
Jumlah = Rp 1.000.000

USAHA DALAM SETAHUN
Laba Pertahun
Studio = Rp 2.100.000 x 12 = Rp 25.200.000
Jasa Fotografer = Rp 3.960.000 = Rp 1.280.000 Jumlah = Rp 26.480.000


sPengeluaran Pertahun
Penyusutan barang = Rp 200.000 x 12 = Rp 2.400.000
Listrik = Rp 100.000 x 12 = Rp 1.200.000
Gaji pegawai = Rp 600.000 x 12 = Rp 7.200.000
Lain-lain = Rp 100.000 x 12 = Rp 1.200.000
Tunjangan = Rp 1.000.000 = Rp 1.000.000
Jumlah = Rp 13.000.000

JUMLAH TOTAL USAHA DALAM SETAHUN
PEMASUKAN = Rp 26.480.000
PENGELUARAN = Rp 13.000.000
JUMLAH = Rp 13.480.000

Break Event Point terjadi pada bulan ke sepuluh dan Flash Photo Studio akan memperoleh keuntungan laba bersih Rp 1.100.000, perbulan sehingga usaha studio foto di lingkungan Yayasan Darut Taqwa ini dipastikan akan terus berkembang.

H. METODE PELAKSANAAN PROGRAM
Dalam pelaksanaan program ini ada beberapa tahap:
a. Pendirian Studio Foto
a) Survey lokasi
Tempat menjadi faktor penting dalam usaha ini, baik lokasinya maupun luas tempat itu sendiri. Lokasi yang berdekatan dengan sekolah atau tempat keramaian akan menjadi keuntungan tersendiri. Untuk pertama kali dalam pelaksanaan program ini, pengusul akan melakukan survey lokasi, yaitu mencari tempat yang strategis dan efektif. Selanjutnya pengusul akan melakukan nego dengan masyarakat atau pengurus yang bersangkutan untuk meminta rekomendasi penempatan lokasi yang telah ditentukan.
b) Setting ruang studio
Gambaran setting ruang studio menggunakan konsep sederhana, namun diusahakan menarik dan elegan. Adapun rencana setting studio sebagaimana gambar berikut:









Gambar 1. Rancangan Studio Foto

b. Melengkapi Administrasi dan Manajemen Studio
• Struktur Crew Flash Photo Studio
Struktur Crew Flash Photo Studio adalah :
Chief : Imron Hamzah
Fotografer : M. Rifai
Marketing : Irwan

• Tugas dan Ketentuan
 Manajer
 Pemegang kebijakan serta penentu arah perkembangan studio,
 Memaksimalkan kinerja staf secara optimal,
 Bertanggungjawab terhadap segala tindakan yang berkenaan dengan pelayanan,
 Melayani kebutuhan pengunjung, pelanggan, dan pemakai jasa Flash Photo Studio dengan sebaik mungkin.
 Fotografer
 Disyaratkan bagi mahasiswa yang sudah ahli di bidangnya dengan pertimbangan miminal memiliki pengalaman selama 1 tahun,
 Melayani dan bertanggung jawab pada pemotretan,
 Menghasilkan foto yang baik, tajam dan memuaskan,
 Melayani kebutuhan pengunjung, pelanggan, dan pemakai jasa Flash Photo Studio dengan sebaik mungkin.
 Marketing
 Menjalin kerjasama dengan lembaga/instansi terkait yang manjadi terget pemasaran,
 Merancang konsep kerja sama dan agenda kerja,
 Bertanggung jawab atas pengarsipan, dan administrasi Flash Photo Studio,
 Sebagai event organizer yang bertujuan untuk memperluas pangsa pasar Flash Photo Studio,
 Melayani kebutuhan pengunjung, pelanggan, dan pemakai jasa dengan sebaik mungkin.
Dengan modal awal yang sudah dianggarkan oleh Dikti, pengusul akan mengusahakan semaksimal mungkin dalam pengelolahan dan pengorganisiran kebutuhan studio.

c. Merancang Strategi Promosi
a) Membuat konsep kerja
Bagi usaha baru untuk mendapatkan konsumen yang perlu diprioritaskan adalah pelayanan dan kualitas. Oleh karena itu, program kerja Flash Photo Studio berpijak pada dua hal diatas.
 Proyek foto dokumentasi wisuda : untuk lembaga di bawah naungan Yayasan Darut Taqwa akan diberikan diskon dari harga umumnya. Harga umum tarif fotografer per 1 roll biasanya dikenakan biaya antara Rp. 200.000 – 250.000. Flash Photo Studio akan memasang tarif Rp. 175.000.
 Membuat stand foto di setiap acara wisuda di lingkungan Yayasan Darut Taqwa. Tarif umumnya untuk 1 foto ukuran 10R Rp. 20.000. Flash Photo Studio akan tetap memasang tarif Rp. 20.000. Dan akan memberikan persen pada lembaga yang bersangkutan demi mempererat jalinan kerjasama.
 Biasanya setelah selesai acara wisuda, terdapat foto bersama antara staf lembaga yang bersangkutan. Pada dokumentasi ini, akan diberikan bonus 1 pemotretan + hasil cetak ukuran 10R.
 Karena sebagaian besar elemen lembaga dekat secara emosional dengan pengusul, maka dalam pengeditan foto yang akan dicuci berusaha melibatkan orang-orang lembaga yang bersangkutan. Hal ini dimaksudkan untuk lebih memperakrab hubungan.

b) Membuat brosur
Design brosur diprioritaskan untuk lembaga di wilayah Yayasan Darut Taqwa sehingga untuk meminimalisir biaya, design brosur dibuat sederhana. Selain itu, pengusul juga menggunakan iklan dalam promosi.

c) Memasang iklan
Ada beberapa media yang memungkinkan untuk pemasangan iklan, yaitu Radio Yudharta FM dan Duta FM, Mading TK, MI, MTs, MA, SMK, Universitas dan Pondok, majalah dan buletin yang terbit di lembaga tersebut serta iklan di website.

d) Pendekatan kultural
Melalui diskusi, obrolan kecil, jagongan atau pada saat-saat minum kopi bersama yang merupakan aktivitas rutin di lingkungan Yayasan Darut Taqwa. Dalam kesempatan itu, kegiatan promosi juga dilakukan dengan menggunakan metode mouth to mouth atau teman ke teman.

d. Menjalin Kerja Sama
a) Target Lembaga
Untuk kali pertama kerja sama akan diprioritaskan pada lembaga yang ada di Yayasan Darut Taqwa yang merupakan target utama pemasaran. Adapun lembaga-lembaga yang menjadi sasaran utama kerja sama tersebut adalah sebagai berikut:
Lembaga Non Formal Jumlah
Santri / Pelajar
Pondok Pesantren Ngalah (putra-putri) 1414
Madrasah Diniyah Darut Taqwa 1434
TPQ (Taman Pendidikan al-Qur’an) 1105
Jama’ah Thoriqoh 300
Lembaga Formal
Rodlotul Athfal (RA) Darut Taqwa 40
Madrasah Ibtidaiyah (MI) Darut Taqwa 149
Madrasah Tsanawiyah (MTs) Darut Taqwa 911
Sekolah Menengah Atas (SMA) Darut Taqwa 502
Madrasah Aliyah (MA) Darut Taqwa 493
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Darut Taqwa 507
Universitas Yudharta Pasuruan 1122
Jumlah 7980

b) Strategi
 Dalam melakukan kerja sama pengusul akan melakukan negoisasi dengan pengurus lembaga Yayasan untuk mendukung dan ikut mensukseskan dalam menjalin konsumen terutama lembaga-lembaga yang berada di bawah naungannya.
 Presentasi pada masing-masing lembaga.
 Bergabung dalam struktur kepanitiaan dalam setiap acara yang diselenggarakan.








I. JADWAL KEGIATAN PROGRAM

Agenda Bulan ke-1 Bulan ke-2 Bulan ke-3 Bulan ke-4 Bulan ke-5
1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4
Survey Lokasi
Pendirian Studio Foto
Melengkapi Administrasi dan Manajemen Studio
Merancang Strategi Promosi
Mengadakan kerja sama dengan lembaga-lembaga
Pemotretan
Menyusun Laporan

J. ESTIMASI BIAYA
Kebutuhan Spesifikasi Harga
Sewa tempat Rp 1.000.000
Komputer P4 1 unit Best Proc Intel P4 2.4Ghz Motherboard Standart 478 Memory 512 MB Harddisk 80 GB, DVDCOMBO, VGA, Sound, Usb Port, Power+Casing USB Depan Keyboard + Mouse Optic Speaker Aktif, Monitor 14” Digital Rp 1.500.000
Printer warna Epson T 11 Rp 700.000
Scanner Microtex Rp 600.000
Card reader All in One Rp 45.000
Kamera DSLR
(Canon Digital SLR Camera, 10.1 Megapixels, Lithium-Ion Battery, 2.5" TFT LCD, SD/SDHC Slot, USB 2.0, With 18-55mm Lens)
Rp 5.000.000
Lighting Rp 400.000
Background (1,5 m x 3m) Rp 200.000
Kertas foto 1 rem Glossy photo paper pixel 235 Gsm Rp 70.000
Promosi & Akomodasi Rp 175.000
CD blank GT Pro 52 Max Rp 75.000
Pelaporan & Penggandaan:
a. Print 60 lembar@ Rp 500
b. Jilid 3 @ Rp 10.000
c. Lain-lain
Rp 30.000
Rp 30.000
Rp 40.000
Transportasi & Akomodasi Rp 135.000
TOTAL Rp 10.000.000

K. LAMPIRAN

DAFTAR RIWAYAT HIDUP PELAKSANA


Nama Lengkap : Imron Hamzah
Tempat, tanggal lahir : Mojokerto, 06 Desember 1984
Alamat : Jl. Brawijjaya No. 32 Desa Tunggal
Pager Kecamatan Mojosari
Kabupaten Mojokerto
NIM : 2004.69.09.0006
Fakultas/Program Studi : Komunikasi
Perguruan Tinggi : Universitas Yudharta Pasuruan
Waktu Untuk Kegiatan PKMK : 5 Bulan

Pendidikan Formal :
SDN Sawahan lulus tahun 1998
MTs. Darut Taqwa 02 lulus tahun 2001
MA. Darut Taqwa lulus tahun 2004
Universitas Yudharta Pasuruan

Pendidikan Non Formal :
Madrasah diniyah Darut Taqwa lulus tahun 2005
TPQ Darut Taqwa Metode Qiro’ati lulus tahun 2002
Peserta Diklat PMR se-Pasuruan tahun 2000
Kursus Bahasa Inggris LPSDM tahun 2001

Pengalaman Organisasi :
Ketua MPK MTs. Darut Taqwa 02 tahun 1999-2000
Anggota OSIS MTs. Darut Taqwa 02
Anggota PMR tingkat Madya MTs. Darut Taqwa 1999-2000
Anggota group Drum Band Gawat Darurat PP. Ngalah
Anggota Jam’iyah al Banjari tahun 1998
Pengurus Ikatan santri Mojokerto “SARIBIT” tahun 2001
Anggota Pramuka MA. Darut Taqwa tingkat Bantara tahun 2002
Koordinator Keorganisasian OSIS MA. Darut Taqwa tahun 2002
Ketua MOS (Masa Orientasi Siswa) MA. Darut Taqwa tahun 2003
Sekretaris Forum Komunikasi Bahasa MA. Darut Taqwa tahun 2004
Panitia Seminar Kolokium se-Indonesia tahun 2006
Panitia Seminar Nasional Pancasila diantara berbagai kepentingan tahun 2008
Ketua kegiatan Safari Ramadhan se-Pasuruan tahun 2004
Koordinator Redaktur Pelaksana majalah Minna tahun 2005
Ketua Himaprodi Komunikasi Universitas Yudharta Pasuruan periode 2005-2006
Ketua Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM) Universitas Yudharta Pasuruan 2009-2010





Pasuruan, 01 September 2009



Imron Hamzah
NIM: 2004.69.09.0006



















NAMA DAN BIODATA DOSEN PENDAMPING

a. Nama Lengkap dan Gelar : Nuraeni, S.Sos
b. Golongan Pangkat dan NIP : IIIA / 069.02.03.005
c. Jabatan Fungsional : Asisten Ahli
d. Jabatan Struktural : Dosen
e. Fakultas/Program Studi : Ilmu Sosial dan Politik / Adm. Niaga
f. Perguruan Tinggi : Universitas Yudharta Pasuruan
g. Bidang Keahlian : Kebijakan Bisnis
h. Waktu untuk kegiatan PKM : 5 bulan
i. Riwayat Pendidikan :
SD Turirejo Lawang 1993
SMPN I LAWANG lulus tahun 1994
SMAN I LAWANG lulus tahun 1997
Universitas Brawijaya Malang jurusan Administrasi Niaga (S1) 2001
Universitas Brawijaya Malang Jurusan Administrasi Bisnis (S2)




Pasuruan, 01 September 2009


Nuraeni, S.Sos
NIP.Y. 069.02.03.005

Tidak ada komentar:

Posting Komentar